CARA PENYETELAN KATUP (KLEP) MOTOR

CARA PENYETELAN KATUP (KLEP) MOTOR
Untuk belajar servis motor ataupun memper baiki motor.Adapun tips cara menyetel klep sepeda motor Honda.Bagi yang suka otak atik motor sendiri  meskipun masih  tahap belajar kadang harus sedikit mengambil keberanian.Adapun keberanian kita belum tentu bisa berhasil setidaknya kita tidak takut belajar,ya setidaknya masih ada bengkel buka untuk membantu.Berikut ini adalah tips cara menyetel klep sepeda motor Honda untuk anda.
Tips Menyetel Klep Sepeda Motor Honda
Mencoba sendiri  melakukan penyetelan klep pada motor anda menjadi  pilihan saat kondisi tertentu.Tapi perlu diingat bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin sepeda motor.Berikut ini akan saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat untuk menyetel klep pada sepeda motor Honda.
1.Persiapkan alat alat antara lain:
   1.Fuller gauge 1 set
   2.Valve adjusting wrech (kunci klep)
   3.Obeng (-) besar
   4.Kunci T 14 (untuk motor supra fit,tiger)
   5.Kunci T 17 (untuk supra x 125,karisma)
   6.Ring 8-9 (untuk tipe bebek)
   7.Ring 10-11 (untuk motor tipe sport)
   8.Rring 17 (untuk motor tipe sport)
   9.Rring 24 (untuk motor tipe bebek).
2.Membuka kedua tutup klep (in dan ex) dengan mengunakan kunci ring 17 ( tipe sport) atau kunci ring 24 (tipe bebek) .

3.Diawal posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada titik mati atas (TMA),caranya dengan buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan obeng (-) besar (ada 2 buah),lalu gunakan kunci ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4.Sambil memutar poros engkol,perhatikan pada saat valve in bergerak,lihat lubang kecil di blog magnet,posisikan tanda T digaris lurus pada lubang kecil pada blog magnet.
5.Pada bagian klep pegang keduanya dan gerak gerakan untuk memastikan kedua klep pada posisi bebas.
6.Pastikan langkah diatas sudah benar,untuk selanjutnya lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap tiap motor sebagai berikut:
-tipe sport  (gl pro,mega pro,dan tiger) ukuran=0,10mm(kurang lebih 0,01mm)
-tipe bebek (grand,legenda,supra fit,supra x,win,dang gl 100)ukuran celah klep=0,05mm(kurang lebih 0,01mm)
-tipe bebek (kirana,karisma,dan supra x 125)ukuran celah klep=0,03mm(kurang lebih 0,01mm)
-tipe metik (vario) ukuran celah kelep (klep in:0,15mm(kurang lebih 0,01mm) klep ex:0,26mm(kurang lebih 0,01mm).
Cara penyelaya adalah kendorkan mur pengikat tappet adjuster (klep baut setelan) dengan menggunakan ring 8-9/10-11.


7.Kemudian letakan fuller gauge, pada posisi yang sesuai dengan ukuran celah klep kedalam ujung batang klep,lalu putar tappet adjuster  (baut setelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge ditarik terasa sempit dan apabila didorong tidak bisa.
8.Kemudian kencangkan lagi mur setelan klep dan cek ulang hasil setelan klep tadi,samapai pada hasil yang tepat dan akurat.
9.Lalu cek dan tutup kembali sumua komponen yang tadi telah dibuka.
10.Coba rasakan hasilnya dari proses di atas.
Previous Post
Next Post

0 komentar: